Tongkat Komando Pimpinan Polda Maluku Utara Resmi Berganti

Bagikan Informasi

malut.polri.go.id, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) 8 Kapolda dan sejumlah pejabat tinggi Polri lainnya. Diantara delapan Kapolda yang mengikuti Sertijab salah satunya Kapolda Maluku Utara. Upacara serah terima jabatan ini digelar di gedung Rupatama, Mabes Polri Jalan Trunojoyo Jakarta Selatan, Selasa 11/02/20 pagi tadi.

Peralihan jabatan ini berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/385/II/KEP./2020 tertanggal 3 Februari 2019. Isinya Kapolri melakukan rotasi kepada 8 Kapolda dan beberapa jabatan penting lainnya.

Sertijab ditandai dengan pengucapan sumpah jabatam yang dipimpin oleh Kapolri. Dan dilanjutkan dengan penyerahan tongkat komando kepada seluruh pejabat baru.

“Demi Allah saya bersumpah akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan Negara.” ucap Kapolri yang diikuti oleh Pati Polri yang melakukan Sertijab.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rojikan mengatakan, setelah dilakukan serah terima jabatan dari pejabat lama kepada pejabat baru ini, direncanakan besok, Kapolda Malut, Brigjen Pol. Rikhwanto, S.H., M.Hum., didampingi Ny. Lisna Rikhwanto akan tiba di Ternate menggunakan pesawat Batik Air.

“Kedatangan Kapolda Malut dan ibu akan di jemput oleh Forkompimda Malut, Wakapolda Malut Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari, S.H., M.H., Irawasda Malut, Kombes Pol. Drs. Dicky Kusumawardana, M.M., Para Pejabat Utama dan Para Kapolres Jajaran, serta di sambut dengan tarian soya-soya, pengalungan bunga oleh Duta Humas Polda Malut dan pelaksanaan adat joko kaha (Injak Tanah) di Bandara Sulatan Babullah Ternate.” Ungkap Kabid Humas.

AKBP Adip Rojikan menambahkan, setelah melakukan penjemputan Kapolda pada Rabu besok, dan Kamis (11/02), dilanjutkan dengan penyerahan pataka Polda Malut Fodudara Ngone Moi – Moi dari pejabat lama kepada pejabat baru yang bertempat di lapangan apel Mapolda Malut.

Sekadar diketahui, upacara serah terima jabatan dan pengambilan sumpah yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis tersebut, selain Kapolda Malut Brigjen Pol Drs. Suroto, M.Si., kepada pejabat baru Brigjen Pol Rikhwanto, S.H., M.Hum., juga Kapolda Kalimantan Barat Irjen Did Haryono kepada Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto. Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa. Kepada Brigjen Pol. Baharudin Djafar, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto kepada Irjen Pol Royke Lumowa, Kapolda Sulawesi Barat Brigjen Pol. Baharudin Djafar kepada  Brigjen Pol Eko Budi Sampurno, Kapolda Aceh Irjen Pol Rio Septianda Djambak kepada Brigjen Pol Wahyu Widada sementara Brigjen Pol Adnas dipromosikan menjadi Kapolda Gorontalo.(Wtftt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *