Polda Maluku Utara Gelar Upacara Farewell And Welcome Parade Kapolda Malut

Bagikan Informasi

malut.polri.go.id, Polda Maluku utara menggelar Upacara Farewell And Welcome Parade pagi tadi pukul 09.00 wit di lapangan Apel Mapolda Malut, Jumat, 14/02/20.

Upacara Farewell And Welcome Parade merupakan acara pengantar tugas yang ditandai dengan penyerahan Pataka Polda Maluku Utara Fodudara Ngon Moi Moi dari Kapolda Malut lama Irjen Pol. Drs. Suroto, M.Si., kepada Kapolda Maluku Utara baru Brigjen Pol. Drs. Rikhwanto, S.H., M.Hum.

Dalam upacara Farewell And Welcome Parade, Kapolda lama Irjen Pol. Drs. Suroto, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdikat Polri menyampaikan sambutan, suatu kebanggaan tersendiri bagi dirinya bisa memimpin Polda maluku Utara selama Satu tahun dua Minggu, dengan dinamika dan kemajemukan masyarakat yang terdiri dari berbagai suku dan Bahasa, merupakn suatu pengalaman yang tak terlupakan.

“Kepada Pejabat yang baru kiranya program yang selama ini sudah berjalan agar dilanjutkan dan ditingkatkan dalam membangun efektfitas komunikasi serta kemitraan dengan masyarakat yang akan bermuara pada pencapaian tujuan bersama, yakni terwujudnya situasi Kamtibmas yang kondusif dana man di Jajaran Polda maluku Utara guna mewujudkan 7 program Kapolri yang Promoter Menuju Indonesia Maju. Ungkap Irjen Pol. Suroto.

Selain itu saya merasa bangga karena Polda Maluku Utara tidak berdiri sendiri, namun turut didukung dengan Stakholder baik Pemerintah Daerah, Satuan TNI, Instansi terkait, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Insan Pers dan seluruh elemen Masyarakat Prov. Maluku Utara.

Kapolda Malut, Brigjen Polisi Drs. Rikhwanto, S.H., M.Hum dalam sambutanya mengatakan, dalam kesempatan ini   sebagai pejabat baru dirinya sangat mengharapkan kiranya dapat diterima di Maluku Utara, dan mohon dukungan serta kerja sama untuk menjaga dan membangun wilayah Malut khususnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Kepada seluruh masyarakat kami memohon agar saling bahu membahu untuk menjaga ketertiban dan keamanan bersama di Maluku Utara.

Kapolda juga menyampaikan atas nama pribadi dan Polda Malut mengucapkan selamat kepada Irjen Pol. Drs. Suroto, M.Si., atas jabatan baru, semoga kedepannya semakin sukses.

Dengan tantangan tugas Polri saat ini yang semakin kompleks, diperlukan kemampuan leader ship yang mumpuni dalam menghadapi situasi tersebut, dengan melakukan beberapa perubahan untuk beradaptasi terhadap tantangan-tantangan yang terjadi serta didasari kebijakn 7 program Kapolri yang telah ditetapkan. Dengan memperhatikan program-program dan rencana kerja Polri, Khususnya program dan rencana kerja polda Maluku Utara.

Jenderal bintang satu di Polda Malut juga mengatakan, bahwa tampilan kinerja dalam penanganan berbagai permasalahan yang dihadapi Polri berkorelasi erat dengan kredibilitas dan reputasi yang berpengaruh dengan citra Polri.

“Kepada Personil Polda Maluku Utara dan Jajarannya segera melakukan konsolidasi, sinkronisasi pada jajarnnya masing-masing, selalu membangun sinergitas TNI-Polri dan Stakholder yang ada di Wilayah Masing-masing sehingga secara kolektif dapat memiliki pola piker dan perilaku yang lebih baik, guna pelaksanaan tugas Polda Maluku Utara kedepan.” Tegas Jenderal bintang satu.

Di tahun 2020 ini, kita akan dihadapkan dengan tantangan tugas Operasi Mantap Praja Pemilihan 8 Kepala Daerah di Kabupaten/Kota, TNI-Polri merupakan suatu komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam mengawal pesta demokrasi yang kita laksanakan sebentar nanti. Semoga dapat mewujudkan sinergitas antara TNI dan Polri agar dapat menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Kapolda memberikan beberapa hal yang perlu di pedomani dan laksanakan bersama oleh personil Polda Malut,

Polri sebagai penanggung jawab kamtibmas, untuk itu harus mampu mengamankan pesta demokrasi dengan baik sehingga masyarakat dapat memilih pemimpinya secara langsung.

Siapkan mental dan fissik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

Siapkan rencana pengamanan kontijensi serta latihkan kepada seluruh personil sehingga mampu menghadapi eskalasi ancaman yang mengarah kepada situasi kontijensi.

Petakan setiap kerawanan pada setiap tahapan pengamanan Pilkada 2020. Lakukan diteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen dan di dukung Bhabinkamtibmas sehingga potensi permasalahan dapat segera teratasi.

Tingkatkan hubungan dan kerja sama yang baik dengan pemerintah, penyelenggara, pengawas pemilu, parpol peserrta pemilu, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan sinergi polisional yang proaktif.

Masing-masing kasatker lakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat terhadap pelaksanaan operasi dan kinerja anggota untuk meminimalisasi terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas di lapangan. Wujudkan Sinergitas TNI-Polri dalam menciptakan Keamanan, Ketertiban, dan Kenyamanan di Wilayah NKRI Khusunya di Maluku Utara. (Wtftt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *