P O L D A M A L U T

Menyikapi situasi dan cuaca saat ini dimana terjadi hujan lebat disertai angin kencang yang menyebabkan gelombang tinggi di wilayah pesisir pantai di Maluku Utara, Polda Maluku Utara melalui Kabidhumas Polda Maluku Utara himbau masyarakat tingkatkan kewaspadaan.

Hal tersebut disampaikan Kabidhumas Polda Maluku Utara Kombes Pol. Adip Rojikan, S.I.K., M.H. saat di konfirmasi diruang kerjanya Selasa (07/12) mengingat cuaca yang ekstrem saat ini. “Kepada seluruh masyarakat Maluku Utara yang bermukim di bibir pantai agar meningkatkan kewaspadaan dan selalu memantau situasi terkini”.

Selain meningkatkan kewaspadaan terhadap situasi, masyarakat dihimbau juga untuk mengamankan barang-barang berharga yang dimiliki ke tempat yang lebih aman dan jauh dari bibir pantai. “Agar ketika ada air rob masuk di pemukiman, dapat segera mengamankan diri ditempat yang aman”.

Untuk masyarakat yang akan bepergian melalui jalur laut dihimbau untuk ditunda terlebih dahulu untuk keselamatan bersama, “Apabila mendesak harus bepergian melalui jalur laut agar memastikan keselamatan dengan pelampung dan menggunakan kapal yang lebih besar dalam hal ini Kapal Ferry atau Kapal Pelni”.

Kabidhumas juga mengingatkan seluruh masyarakat Maluku utara untuk tetap menjaga lingkungan sekitar, selalu update prakiraan cuaca, rutin laksanakan gotong royong dan untuk para nelayan hindari dulu kegiatan berlayar apabila terjadi cuaca ekstrem seperti ini.

“Dibutuhkan kesadaran kita bersama untuk menanggulangi bencana alam yang terjadi akibat dampak dari cuaca ekstrem ini, Kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada di lokasi rawan bencana alam, agar meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak lanjutan dari cuaca ekstrim ini guna mencegah resiko adanya korban jiwa maupun kerusakan materil yang cukup besar”. Ujarnya.

Related Post

Leave a Comment