Peduli Penghijauan, Polres Ternate Melakukan Aksi Penanaman 50 Bibit Pohon Cengkeh dan Pala

Bagikan Informasi

malut.polri.go.id-polda Maluku Utara. Ternate. Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda S.IK dalam mendukung program Penghijauan, menggelar aksi penanaman pohon dalam rangka “Polri Peduli Penghijauan” yang bertempat di Mapolres Ternate, Selasa 07/01/20.

Penanaman Pohon dilingkungan Mako Polres Ternate ini juga dihaidir oleh Walikota Ternate DR. H. Burhan Abdurrahman,  M.M., Ketua DPRD Kota Ternate Muhajirin Bailussy, S.Pi., Kasdim 1501 Ternate Mayor Inf. Anton Santoni, Wakapolres Ternate Kompol Jufri Dokumalamo dan para PJU Polres Ternate dan personil Polres Ternate.

Prosesi penanaman pohon tersebut dilakukan diseluruh Hamalam Polres Ternate dengan mengkhususkan penanaman Pohon Cengkeh dan Pala yang merupakan rempah dari Maluku Utara sebanyak 50 pohon.

Bibit pohon ditanam sekaligus disebar ke beberapa titik seputar Mapolres, mulai dari kediaman Kapolres, halaman depan sampai belakang, hingga ke Asrama Personil.

Selain Mapolres Ternate, penanaman pohon ini juga dilakukan oleh jajaran Polsek, sekolah-sekolah, pesantren, tempat ibadah dan taman Kota dengan jumlah pohon yang disediakan Polres Ternate sebanyak 500 pohon.

Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda S.IK menyampaikan bahwa program penghijauan secara nasional ini dicanangkan oleh Kapolri di semua wilayah Polda dan Polres jajaran dengan tujuan  untuk melestarikan alam.

“Sebagai bentuk dukungan program Kapolri di bidang lingkungan Polres Ternate sudah menyiapkan sekitar 500 bibit tanaman yang terdiri dari 130 bibiT pohon cengkeh dan 315 bibit pohon pala, 10 bibit jambu mente, 5 bibit sirsak, 5 bibit durian, 5 bibit rambutan, 15 bibit mangga, 5 bibit belimbing dan 10 bibit nagka yang akan ditanam pada beberapa tempat yang ada di Kota Ternate,” jelas Kapolres.

Polres Ternate akan terus melakukan penanama hingga ke Polsek jajaran yang nantinya berkerja sama dengan Pemerintah Kota Ternate dan Kodim 1501/Ternate dan gerakan sementara ini baru diawali dari pihak kepolisian, nanti akan dilakukan gerakan secara bersama untuk melakukan penanaman pohon,” sebutnya.

Selanjutnya, Kapolres mengatakan bahwa pihaknya lebih memilih bibit cengkeh dan bibit pala sebagai upaya mempromosikan rempah kebanggan masyarakat Moloku Kieraha, “karena untuk melihat pohon pala dan cengkeh, kita harus ke belakang gunung atau ke puncak Gamalama, padahal Kota Ternate ini ‘kan dikenal sebagai kota penghasil rempah-rempah,” kata Kapolres. (Wtftt/ds).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *