Kunjungan Kerja Kapolda Malut ke Polres Halut di Sambut dengan Pengalungan Kain Adat

Bagikan Informasi

malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si., yang didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Malut Ny. Santy Suroto, Karo rena Kombes Pol. Wresni  Haryadi Satya Nugroho, S.T., Dir krimsus Kombes Pol. Alfis Suhaili, S.IK., M.Si,  Dansat Brimob Kombes Pol Muhammad Erwin, Kabid Propam AKBP Susanto, Sespri Kapolda Akp Ranto Eko Mardayanto, S.kom.,S.IK. dan Ibu-Ibu Pengurus Bhayangkari Daerah Malut, melaksanakan kunjungan kerja ke Polres Halmahera Utara. Selasa 21/01/20.

Kunjungan Kerja Kapolda Maluku Utara dan Rombongan ini, disambut secara langsung oleh Bupati Halut Ir. Frans Maneri, Kapolres Halut AKBP Yuyun Arif Kus Handriatmo, S.IK, M.Si, Kajari Kab. Halut, Ketua Pengadilan Tobelo Martha Maitimu, S.H., Mewakili Dandim Tobelo Mayor Inf Robby Manuel, Kasat Pol PP Kab. Halut Frans A. Maholle, Para Pejabat Utama Polres Halut dan Bhayangkari Polres Halmahera Utara.

Kapolda Maluku Utara bersama rombongan saat tiba di Mapolres Halmahera Utara, disambut dengan Jajar Hormat oleh Personil Sat Samapta Polres Halut serta pengalungan Kain Adat kepada Kapolda Malut.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Halmahera Utara AKBP Yuyun Arif Kus Handriatmo, S.I.K., M.Si., memberikan laporan satuan terkait situasi umum Wilayah Hukum Polres Halut. Di mana Kab. Halut  dikenal dengan Suku Tobelo dengan beberapa pulau yang berda di luar yakni Pulau Kumo, Kakara, Tagalaya, Tolouno dan lain-lain. Kab. Halut juga dihuni oleh beberapa Suku antaralain Suku Jawa, Buton, Sanger dan Makian.

Terkait dengan Personil, Polres Halut saat ini memiliki 353 Personil dengan 6 polsek dan 8 Subsektor, dengan rasio 1 berbanding 540 karena jumalah penduduk tidak terlalu banyak namun menyebar di 17 Kecmatan, Polres Halut juga mememiliki 222 Kendaraan Roda Dua dan 21 kendaraan Roda Empat.

Kapolda Maluku Utara dalam arahannya mengucapkan terima kasih Kepada Kapolres dan Kapolsek beserta seluruh personil Polres Halut, yang telah mampu mengelolah situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Halmahera Utara dengan baik, sehingga sampai saat ini situasi masih dalam keadaan aman kondusif, baik lewat uapaya-upaya kegiatan dalam penanganan konflik sosial, penanganan unjuk rasa dan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat, semuanya bisa terselesaikan dengan baik.

“Semuanya sudah tentu berkat kerja keras dari anggota sekalian, untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.” Kata Kapolda.

Jenderal Bintang Satu di Polda Maluku ini juga mengatakan, dengan jumlah personil yang terbatas kita harus mampu mengelolah Sumber Daya Manusia kita dengan baik dengan cara menjaga solidaritas sesama Anggota, walaupun jumlah kita kecil dan sedikit tetapi tetap solid maka kita akan kuat dalam pelaksanaan tugas-tugas yang ada.

“Untuk masalah kendaraan yang jumlah ratusan ini, Saya minta agar tolong di jaga dan dirawat dengan baik, sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas kita.” Pinta Jenderal bintang satu.

Lanjut Jenderal bintang satu, ada beberapa Potensi Konflik seperti Konflik Sosial yang menjadi penekanan Bapak Kapolri salah satu poinnya yaitu Pemantapan Harkamtibmas. Hal tersebut kiranya kita dapat meminimalisir terjadinya Konflik Sosial karena dampaknya luas baik itu dari segi Sosial, ekonomi dan juga dari segi Kamtibmas itu sendiri. Potensi-potensi Konflik seperti ini yang kemudian Kita harus mampu menyelesaikan lebih awal sehingga tidak terjadi yang lebih besar.

“Dari Potensi-potensi Konflik tersebut, Kapolda meminta agar semua jajaran Polres, Polsek dan seluruh anggota sekalian agar berperan aktif untuk membantu memberikan pemahaman baik secara hukum maupun secara kekeluargaan, melakukan pendekatan sehingga masyarakat dapat memahami dan tidak melakukan hal-hal yang berujung pada gangguan kamtibmas.” Tegas Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si., melakukan penandatanganan Prasasti Perumahan Griya Bhayangkara dan menerima penyerahan empat pucuk senjata api rakitan dan tujuh butir amunisi yang diserahkan langsung oleh  Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Maneri. (Wtftt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *