KESIAPAN OPERASIONAL SPN POLDA MALUKU UTARA

Bagikan Informasi
  • 1
    Share

malut.polri.go.id, Ternate  Seiring dengan meningkatnya aktivitas kegiatan mayarakat yang membutuhkan kehadiran Polisi untuk memberikan pelayanan, pengayoman dan perlindungan kepada masyarakat,  serta pertimbangan kondisi geografis Maluku Utara tentunya jumlah personel Polri di Polda Maluku Utara saat ini belum mencukupi untuk dapat menjamin terlaksananya secara optimal dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk itu  sangat dibutuhkan segera dibentuk SPN Polda Maluku Utara, apalagi di tinjau dari aspek sejarah  dimana sekitar Tahun 1961 telah terbentuk Polda Irian Jaya Barat yang berkedudukan di Soasio (Kota Tidore Kepulauan), kemudian Tahun 1963 terbentuklah SPN Irian Jaya Barat dimana sisa peninggalan Infrastruktur bangunan saat itu sekarang menjadi Polres Tidore Kepulauan.

Berbagai upaya telah dilaksanakan untuk kesiapan pembangunan SPN Polda Maluku Utara mulai dari penunjukan personel yang mengawaki kerangka struktur SPN dan kesiapan sarana dan prasarana untuk memenuhi delapan standar pendidikan Polri.

Saat ini, kesiapan pengaktifan SPN Polda Maluku Utara masih terus ditingkatkan guna dipercepatnya penggunaan SPN Polda Maluku Utara.

Sesuai delapan standar pendidikan Polri tersebut, SPN Polda Maluku Utara telah memiliki tenaga pendidik sebanyak 30 personel (26 bersertifikasi) dan tenaga pengasuh sebanyak 20 personel.

Sekolah Polisi Negara Polda Maluku Utara (SPN) yang dikepalai oleh Wadir Lantas  AKBP I Made Darmadi Giri, S.IK. ini telah dilengkapi dengan gedung kantor yang sudah siap pakai, fasilitas pendukung masih dalam tahap renovasi, dan fasilitas latihan yang sementara masih diajukan.

Untuk kelengkapan siswa yang akan melaksanakan pendidikan Polri nantinya telah disiapkan barak beserta peralatannya yang sudah siap pakai begitu juga dengan dapur dan ranmor. Standar pengelolaan dan standar pembiayaan SPN Polda Maluku Utara ini nantinya akan memanfaatkan IT.

Walau masih terdapat  hambatan dan kekurangan pengadaan SPN Polda Malut ini, besar harapan I Made Giri untuk segera merealisasikan pengukuhan pembentukan dan operasional SPN Polda Malut agar bisa digunakan pada T.A 2018 ini.

[metaslider id=3327]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *