Kapolres Ternate Memberikan Materi Penguatan Karakter kepada Mahasiswa Universitas Terbuka

Bagikan Informasi

malut.polri.go.id, Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda S.IK memberikan materi tentang Penguatan Karakter berupa penyuluhan menggugah Ayo Bangkit Saya Bisa, kepada Mahasiswa Universitas Terbuka Ternate pada kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Tahun 2020, dengan Tema “Kampus Merdeka Wujudkan Keterampilan dan Kemandirian Mahasiswa”. bertempat di Aula Hotel Grand Madjang Kota Ternate. Sabtu, 08/2/20.

Penyuluhan motivasi Ayo Bangkit, Saya Bisa. merupakan sebuah langkah inovatif Kapolres Ternate untuk membangun karakter anak bangsa menuju generasi yang kuat dan bernilai dalam rangka terwujudnya Kamtibmas yang Kondusif.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program “PELITA GAMA MAITARA” yakni Polisi Peduli dan Cinta Generasi Muda Maluku Utara sebuah terobosan kreatif Polres Ternate dibidang tugas preemtif dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental. Penyuluhan motivasi membangun karakter ini dilatarbelakangi oleh situasi Kamtibmas di Wilkum Maluku Utara yang belum sepenuhnya kondusif mengingat masih seringnya oknum masyarakat mengkomsumsi minuman keras, perkelahian dan pengeroyokan, KDRT, pencabulan, kurangnya budaya patuh dalam berlalu lintas, maupun kenakalan remaja.

Adapun tujuan dari penyuluhan ini agar adanya perubahan sikap perilaku dan terbangunnya karakter positif pada generasi muda Malut  yang akan menjadi modal dasar bagi kesuksesan dimasa depan. Titik berat dari materi penyuluhan yang disampaikan oleh Kapolres adalah membangun motivasi generasi muda agar menjadi orang sukses di masa depan, menanamkan karakter positif serta membentuk sikap perilaku generasi muda yang santun, saling menghormati, selalu bersyukur, patuh hukum serta kuat dan pantang menyerah.

Kapolres mengingatkan kepada seluruh Mahasiswa Universitas Terbuka Ternate pada kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Tahun 2020, bahwa masa depan tergantung pada apa yang kita lakukan hari ini, masa depan adalah milik mereka yang menyiapkannya hari ini. Bukan tugas kita untuk merubah dunia ini, tapi masing-masing kita punya kewajiban untuk mengajak diri sendiri dan orang lain untuk berpikir baik, berucap baik dan berbuat baik dengan cara-cara yang baik serta penuh kesabaran. Semua orang punya masalah, yang membedakannya adalah bagaimana orang tersebut menyikapi dan menghadapi masalah yang menerpa dirinya. 

“Sekecil atau sebesar apapun masalah yang kita hadapi, kita harus bisa bangkit. Kecendrungan kita jika ditimpa masalah adalah lebih sering menyalahkan keadaan, menyalahkan orang lain bahkan menyalahkan yang Maha Kuasa.” Ucap Kapolres dalam penyampaiannya.

Oleh sebab itu, sebelum kita menyalahkan apa dan siapa maka perlu kiranya kita melihat kisah-kisah hidup orang-orang yang lebih susah dari kita tapi mereka berhasil menjadi orang yang sukses. Kita perlu belajar dari kisah hidup mereka. Sebagai contoh adalah kisah hidup Arfian Fuadi. Seorang lulusan SMK dan berasal dari keluarga miskin, tapi berbekal tekad, kemauan dan keterampilan maka dia bisa mengguncang dunia karena mampu membuat brecket pesawat yang lebih ringan. Sekarang dia sudah punya perusahaan ya sendiri dan sudah mempekerjakan ratusan orang. Yang membuat seorang Arfian tetap bertahan dan sukses hingga saat ini adalah: HARAPAN, selama masih ada harapan maka selama itu pula kita akan berjuang.

Kapolres memberikan beberapa tips yang dapat memunculkan harapan dalam diri para mahasiswa.  Pertama adalah dengan Merubah Paradigma.  Hal ini sangat penting karena Paradigma mampu mempengaruhi Pikiran seseorang (positif atau negatif), Pikiran kemudian akan menjadi tindakan, dari tindakan akan menjadi kebiasaan, kebiasaan akan melahirkan budaya dan budaya akan membentuk karakter. Yang kedua adalah kita harus fokus pada tujuan hidup kita, oleh sebab itu buatlah tujuan pasti dalam hidup anda, fokus dengan tujuan hidup tersebut, jangan salah bergaul, dan harus mampu mengelola gaya hidup. Yang ketiga adalah hidup adalah pilihan, ingatlah bahwa hidup itu tergantung kita karena dunia tidak akan menangis kalau kita gagal, juga tidak akan tertawa kalu kita sukses maka jangan pernah bergantung dengan orang lain.

Pesan terakhir Kapolres, bahwa tidak akan ada perubahan dalam hidup seseorang dengan sikap yang tidak pernah berubah. Ayo berubah, mulai dari diri sendiri, dari hal yang kecil-kecil dan dari sekarang juga. Pada akhir sesi penyampaian materi, Direktur Universitas Terbuka Ternate mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Ternate yang telah meluangkan waktunya untuk hadir dan menyampaikan materinya secara langsung kepada para mahasiswa baru Universitas Terbuka Ternate.(Wtftt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *