Kapolda Maluku Utara Membuka Secara Langsung Rakernis Fungsi Samapta

Bagikan Informasi

malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Rapat kerja tekhnis Fungsi Samapta Polda Maluku Utara yang dilaksanakan pagi tadi Senin 13/01/20 di Ballroom Muara Hotel  Ternate, yang di buka secara langsung oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si.

Kegiatan tersebut juga di hadiri, Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari, S.I.K., M.H., Irwasda Malut Kombes Pol. Dicky kusumawardana, M.M., Para Pejabat Utama Polda Malut.

Rapat kerja tekhnis fungsi Samapta ini, Dalam Rangka Analisa dan Evaluasi Kinerja serta melaksanakan tugas pokok, fungsi serta peran Dit Samapta Polda Maluku Utara dan Jajaran untuk mewujudkan cita-cita Polri yaitu, Harkamtibmas, menegakan Hukum, memberikan Perlindungan, Pelayanan, Pengayoman kepada masyarakat serta kesiapan menghadapi Pilkada Serentak di Maluku Utara tahun 2020.

Kegiatan Rakernis Fungsi Samapta ini di rencanakan selama satu hari, dan diikuti oleh 35 personil Dit Samapta Polda Maluku Utara dan Jajarn.

Kapolda Maluku Utara dalam sambutannya Sekaligus Membuka Rakernis Fungsi Samapta Polda Maluku Utara mengatakan, Rakernis ini adalah suatu kegiatan dalam melaksanakan evaluasi bagaimana kinerja kita di tahun anggaran sebelumnya, dan juga bagaimana merencanakan kegiatan-kegiatan yang akan kita laksanakan.

“Disamping itu juga untuk merumuskan kebijakan-kebijakan yang strategi yang harus kita laksanakan sesuai dengan tantangan tugas kita yang akan kita hadapi, fungsi Samapta ini merupakan fungsi yang sangat penting dalam organisasi Polri.” Kata Kapolda.

Kalau kita lihat dari startegi Harkamtibmas dimana  kita melaksanakan deteksi dini, preemtif, preventif serta penegakan hukum. Porsi preventif ini sangat besar bagaimana kita mencegah terjadinya suatu gangguan kamtibmas, karena ini juga sejalan dengan kebijakan yang telah Kapolda sampaikan bahwa dalam harkamtibmas adalah, kita mencegah jangan sampai terjadi gangguan kamtibmas makanya samapta di sebut sebagai Police Back Bone yaitu tulang punggung Polri.

Jenderal bintang satu di Mapolda Maluku Utara mengharapkan, ini menjadi motifasi rekan-rekan sekalian dengan sebutan Sabhara itu, sabar dalam sengsara dan sekarang dengan sebutan Samapta berarti siap, tanggap, tangguh dan trengginas, jadi jangan berkecil hati karena kalian mempunyai peran sangat penting dalam Organisasi ini.

“Saya ucapkan terima kasih karena tahun 2019 kriminalitas turun kurang lebih 150 kejadian, ini berarti pengembang fungsin deteksi, prefemtif, preemtif berhasil.” Ucap Jenderal bintang satu.

Berkaitan dengan menghadapi pilkada ada 8 kabupaten yang akan melaksanakan pilkada, ini kebanyak juga tugas-tugas preventif karena gakumnya juga jarang kasus pilkada selama ini, oleh karena itu kita harus invetarisir dengan betul potensi-potensi kerawanan apa yang akan muncul pada tahapan itu mulai dari pendaftaran, kampanye, minggu tenang, pungutan suara samapi dengan pleno Kabupaten.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kapolda juga mengingatkan perintah Kapolri terkait dengan perubahan cuaca yang menyebabkan bencana alam, Karena Polri ditunjuk selain BPNPB dan BPBD, untuk Polda Maluku Utara kita juga buat satga yang dimana Kasatgasnya Dir Samapta.

“Tolong ini juga di bahas kesiapannya bagaimana dan datakan potensi kerawanan bencana yang ada di wilayah masing-masing lakukan pemetaan, karena ini salah satu atensi dari Kapolri yang menyangkut masalah kemanusiaan.” Tutup Kapolda. (Wtftt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *