Jadi Pembina Upacara Bendera, Kapolres Ternate Ajak Siswa Menjadi Generasi yang Berkarakter Unggul

Bagikan Informasi

Humas Polres Ternate – Kepala Kepolisian Resor Ternate AKBP Azhari Juanda, S.IK menjadi pembina upacara bendera di SMK Negeri 1 Kota Ternate Kel. Takoma Kec. Ternate Tengah (23/4/2018).

Dalam arahanya, Kapolres Ternate menyampaikan bahwa upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari senin seyogyanya tidak dimaknai sebagai kegiatan seremonial belaka namun harus kita maknai sebagai wujud penghargaan terhadap jasa pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raga mereka untuk kemerdekaan bangsa yang kita cintai ini. Oleh karena itu, upacara bendera harus kita laksanakan dengan baik dan penuh khidmat.

Selanjutnya, Kapolres mengingatkan para siswa bahwa jika ingin sukses dimasa depan maka harus mempersiapkan diri mulai dari hari ini, kita tidak boleh menunggu esok hari. Karena masa depan kita ditentukan oleh apa yang kita lakukan hari ini. “Baik buruknya masa depan kita tergantung dengan apa yang kita perbuat saat ini”, ujar Kapolres.

Para siswa harus berani korbankan masa mudanya demi masa depan yang lebih baik, karena kita hidup untuk masa depan. Jauhi hal-hal yang tidak ada manfaatnya bagi masa depan kita, misalnya minum miras, menggunakan narkoba, kebut-kebutan, naik motor tidak menggunakan helm, nongkrong sampai dini hari atau berkelahi. Para siswa harus menjadi orang-orang yang disiplin, taat aturan, santun, jujur, pantang menyerah dan religius. Hal tersebut merupakan bagian dari karakter-karakter yang unggul yang harus dimiliki oleh generasi muda Indonesia sebagaimana yang tertuang dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter.

Kapolres Ternate menyampaikan bahwa sasaran dari kegiatan ini adalah untuk membangun motivasi generasi muda Ternate untuk menjadi orang berguna di masa depan, menanamkan karakter-karakter positif serta membentuk sikap perilaku generasi muda yang santun, saling menghormati, selalu bersyukur, patuh hukum dan pantang menyerah. Dengan harapan, akan dapat memberikan kontribusi positif bagi Kamtibmas di wilayah hukum Ternate.

Di akhir arahannya, Kapolres mengharapkan peran para guru dalam memberikan contoh yang baik kepada muridnya, karena murid adalah masa depan untuk Ternate, Maluku Utara dan Indonesia.

“Jadilah generasi yang berkarakter, berani korbankan masa muda demi masa depan anda”, tutup Kapolres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *