P O L D A M A L U T

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, kembali merotasi Jajarannya dengan mengeluarkan 4 Surat Telegram yang di tandatangani oleh AS SDM Kapolri, yaitu dengan nomor : ST/2567/XII/KEP./2021, ST/2568/XII/KEP./2021, ST/2569/XII/KEP./2021, dan ST/2570/XII/KEP./2021, tertanggal 17 Desember 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Dari keempat Surat Telegram tersebut, terdapat 7 pejabat Polda Maluku Utara yang di rotasi baik mendapatkan promosi Jabatan maupun mutasi dalam rangka pendidikan, diantaranya, Irwasda, Karo Ops, Dir Pamobvit, Dir Lantas, Kabidhumas dan Ka SPN Polda Maluku Utara serta dua Kapolres.

Kombes Pol. Adip Rojikan, S.I.K., M.H, saat di konfirmasi terkait hal tersebut membenarkan bahwa dirinya beserta beberapa bejabat Polda Maluku Utara masuk dalam Surat Telegram tersebut.

“Iya benar, bahwa ada 6 Pejabat Utama Polda Maluku Utara dan dua Kapolres yang masuk daftar mutasi tersebut, salah satunya adalah saya sendiri selaku Kabidhumas Polda Maluku Utara yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Dir Reskrimsus Polda Sumbar, serta yang mengisi Jabatan Kabidhumas Polda Malut nantinya adalah Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil, S.I.K., yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Reskrimsus Polda Sulut”. Ucapnya.

Sedangkan untuk 5 pejabat Polda Malut lainnya yaitu, Kombes Pol. Dicky Kusumawardhana, M.M yang sebelumnya menjabat sebagai Irwasda Polda Maluku Utara diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagrendafung Rorenmin Itwasum Polri, dan Kombes Pol. Eko Trisnanto diangkat dalam jabatan baru sebagai Irwasda Polda Malut yang sebelumnya menjabat sebagai Auditor Kepolisian Madya TK. II Itwasum Polri.

Kombes Pol. Juwari, S.H., M.H, yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Ops Polda Maluku Utara diangkat dalam jabatan baru sebagai Karolog Polda lampung, sedangkan Kombes Pol. Semmy Ronny Thabaa diangkat dalam jabatan baru sebagai Karo Ops Polda Maluku Utara yang sebelumnya menjabat sebagai Dansat Brimob Polda Papua Barat.

Kombes Pol. Wandy Rustiawan, S.I.K., M.M.Tr, yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Pamobvit Polda Maluku Utara dimutasikan sebagai analis Kebijakan Madya Bidang Pam Obvit Bharkam Polri (dalam rangka Dik sespimti Polri) dan AKBP Ruyatman, S.H., S.I.K., diangkat dalam jabatan baru sebagai Dir Pamobvit Polda Maluku Utara.

Kombes Pol. B. Twedi Aditya Bennyahdi, S.Sos, S.I.K., M.H, yang sebelumnya menjabat sebagai Dir lantas Polda Maluku Utara dimutasikan sebagai Analis kebijakan Madya Bidang Gakkum Korlantas Polri (dalam rangka Dikreg Sesko TNI), dan kini di gantikan oleh Kombes Pol. Hari Santoso, S.I.K., yang sebelumnya menjabat sebagai Analis kebijakan Madya Bidang STIK lemdiklat Polri (dalam rangka Dik Sespimti Polri).

Lanjutnya, untuk Jabatan Ka SPN Polda Maluku Utara diisi oleh Kombes Pol. Guno Pitoyo, S.I.K. yang sebelumnya menjabat sebagai Karo SDM Polda Papua Barat.

Sedangkan untuk dua Kapolres Jajaran yang di rotasi yaitu AKBP Nico Andreano Setiawan, S.I.K., M.M, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Halteng diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadir Resnarkoba Polda Banten, dan AKBP Moh. Zulfikar Iskandar, S.I.K diangkat sebagai Kapolres Halteng yang sebelumnya menjabat sebagai Danyon B Pelopor Sat Brimob Polda Maluku Utara.

Dan, AKBP A’an Hardiansyah, S.H., M.H diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Blora Polda Jateng yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pulau Morotai, dan AKBP Agung Reza Pratidina, S.I.K diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Morotai yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagbinopsnal Ditlantas Polda Maluku Utara.

“Mutasi jabatan merupakan suatu proses yang biasa dalam keberlangsungan organisasi, juga merupakan salah satu wujud dinamika organisasi agar dapat terus bergerak maju guna menghadapi tantangan tugas serta tuntutan masyarakat yang semakin tinggi terhadap kinerja Kepolisian”. Tuturnya.

Related Post

Leave a Comment