Dir Binmas Polda Maluku Utara Memberikan Pembekalan Kepada Pengemban Fungsi Polmas

Bagikan Informasi

Malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Maluku Utara Kombes Pol. M. Nasihin S.I.K., memberikan pembekalan kepada personil Polda Malut yang akan mengemban fungsi Polmas, pembekalan dilakukan dalam rangka untuk memecahkan persoalan Kamtibmas yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Pembekalan ini dilaksanakan di Ruang Kerja Dit Binmas Polda Maluku Utara. Kamis, 05/12/19.

Tidak hanya memberikan pembekalan saja namun persenoil yang akan mengemban fungsi Polmas akan diberikan kendaraan roda dua untuk operasional, sehingga memudahkan Personil Polmas dalam melaksanakan tugas dilapangan.

Dir Binmas Polda Malut menjelaskan, Bhabinkamtimas adalah personel yang ditunjuk berdasarkan surat perintah untuk menjadi wakil Polri di wilayah binaan, sentuhan, dan pantauan, guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat. Sementara pengemban Polmas adalah semua anggota Polri dari pangkat terendah sampai tertinggi.

Polmas pada intinya kegiatan Polri untuk menjalin Kemitraan dengan masyarakat, agar masyarakat mampu mengidentifikasi dan menginfentarisir permasalahan Kamtibmas yang terjadi di dalam masyarakat, komunitas tertentu sehingga kita dapat bersama-sama memecahkan permaslahan Tersebut.

“Sehingga dapat dan mampu mendeteksi dini gejala yang dapat menimbulkan permasalahan di masyarakat dan pada akhi rnya mampu mendapatkan solusi untuk mengantisipasi permasalahan dan mampu memelihara keamanan serta ketertiban lingkungan.” Terang Kombes Pol. Nasihin.

Dir Binmas juga menekankan kepada para pengemban fungsi Polmas agar membentuk Forum Komunikasi Polisi Masyarakat (FKPM), sehingga persoaalan kamtibmas yang di tengah-tengah masyarakat dapat kita cegah secara dini dengan cara problem solving.

“Kita bentuk FKPM ditingkat RT saja atau dalam Komunitas, dimana dalam FKPM tersebut harus terstruktur yakni harus ada ketua, sekertaris, bendahara dan anggotanya, minimal sepuluh orang dalam struktur FKPM tersebut.” Kata Dir Binmas.

Lanjut Dir Binmas, dalam pembuatan laporan kita akan seragamkan agar dalam pelaporannya setiap bulan, sehingga  semua pelaporan pengemban Fungsi Polmas sama. (Wtftt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *