PROMOTER PROFESIONAL, MODERN DAN TERPERCAYA Bobol Distro, Enam Remaja Diciduk Polisi | Situs Resmi Polda Maluku Utara
BHABINKAMTIBMAS

Bobol Distro, Enam Remaja Diciduk Polisi

Polres Halbar

Bagikan Informasi

Halmahera Barat – Pencurian adalah salah satu tindak pidana hukum yang masih marak dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Pencurian berarti melakukan tindakan mengambil properti orang lain secara tidak sah tanpa seizin pemiliknya.

Pada (21/11) pukul 21.30 WIT, telah terjadi pencurian di sebuah distro atau tempat penjualan pakaian yakni JS Distro yang beralamat di Desa Soakonora.
Terlapor adalah MH (14), AC (14), FM (14), GD (15), CG (15) dan RM (14).
Pemilik toko (YW) 26 mengaku sangat prihatin dengan kejadian ini mengingat semua pelaku tindak pidana merupakan anak di bawah umur yang masih berstatus pelajar.

Setiap perbuatan manusia pasti mempunyai sebab yang merupakan faktor pendorong dilakukannya kejahatan tersebut. Pengkajian terhadap sebab timbulnya kejahatan merupakan salah satu bagian yang sangat mendapat perhatian bagi penegak hukum, khususnya Polri dalam melaksanakan tugasnya.

Beruntung kejadian ini ditangkap basah oleh seorang warga SD (22).
Para pelaku kemudian diamankan di Polsek Jailolo untuk dimintai keterangan dengan barang bukti sebanyak 7 buah kaos hasil curian.

Dikarenakan para pelaku yang masih di bawah umur, dan kondisi rutan Polsek yang tidak aman maka para pelaku diamankan di kediaman Bhabinkamtibmas.

Di tempat ini, petugas melakukan pembinaan dengan memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada para pelaku, dan dibuatkan surat pernyataan yang isinya antara lain; selama bulan Desember 2017 Natal dan Tahun Baru 2018, yakni sebelum ada kesepakatan bersama dengan pihakĀ  korban maka para pelaku wajib lapor di kediaman Bhabin seusai pulang sekolah pkl 14.00 WIT, tidak mengulangi perbuatan pencurian, tidak akan keluar rumah sampai larut malam, tidak akan mengonsumsi miras, tidak merokok, tidak menghirup lem aibon dan liquid sejenisnya dan akan lebih setia mengikuti kegiatan kerohanian. Penandatanganan surat pernyataan ini diketahui oleh 3 pilar kamtibmas.

Hal seperti ini dilakukan oleh petugas untuk menimbulkan efek jera pada pelaku agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi nantinya.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close