PROMOTER PROFESIONAL, MODERN DAN TERPERCAYA Bhabinkamtibmas Polsek Tidore Sampaikan Sekilas Sejarah Ternate | Situs Resmi Polda Maluku Utara
BHABINKAMTIBMASDIT BINMAS

Bhabinkamtibmas Polsek Tidore Sampaikan Sekilas Sejarah Ternate

Polres Tidore

Bagikan Informasi

 

Tidore – Mengapa kita harus belajar sejarah? Tujuan mempelajari sejarah adalah agar kita mengetahui dan memahami akan pentingnya kisah-kisah peradaban masa lalu khususnya di Ternate.

Pada kesempatan ini, giat Bhabinkamtibmas tugas rangkap Polsek Tidore, Resor Tidore Kepualauan Kelurahan Indonesiana pada Sabtu (11/11) pukul 09.15 selain melaksanakan patroli di RT 03 dan menyambangi seorang penjual keliling Narsi (34), bhabinkamtibmas juga memberikan sekilas pemahaman tentang sejarah Kerajaan Maluku Utara dalam teks berbahasa Ternate Malayu, kemudian menyampaikan juga adat Se Atorang masyarakat Kota Tidore.

Adat Se Atorang adalah salah satu sila di antara enam Sila Dasar Falsafah adat orang Ternate yang merupakan warisan dari para leluhur yang dalam bahasa daerah Ternate disebut “Kie se Gam Magogugu Matiti Rara”.
Adat se Atorang berarti hukum dasar yang harus dipatuhi dan disusun menurut kebiasaan yang dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat. Artinya adat yang bersendikan aturan.

Bhabinkamtibmas berharap seluruh masyarakat dapat memahami  sejarah masa lalu terlebih sejarah tepatnya sendiri.